Pemaparan Program Oleh Tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret

Kuliah Kerja Nyata merupakan adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa. KKN juga menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa Sarjana 1 di Universitas Sebelas Maret Surakarta,

Kamis 4 Januari, tim Kuliah Kerja Nyata Universitas Sebelas Maret Surakarta yang berjumlah 9 orang melakukan KKN di Dusun Dempel, tim yang beranggotakan 5 wanita dan 4 orang perempuan memaparkan program-program yang telah terencana dan akan dilaksanakan. Program tersebut dibagi menjadi 2, yakni program utama dan program pendamping, program utama pertama merupakan program Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Organik, Pembuatan Pupuk Organik (kompos), Diskusi Pengemasan Hasil Pertanian, Pemanfaatan Lahan Pekarangan, kemudian program pendamping diantaranya adalah, Pendampingan Rumah Belajar, Pendampingan Kegiatan TPA, Penyuluhuan Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, Sosialisasi Pentingnya Perilaku Hidup Sehat, Penyuluhan dan Pelatihan Website dan Sosial Media.

Dengan program yang terukur setelah melakukan survey dua kali, diharapkan setelah berjalannya program yang telah terlalui dapat membantu memajukan kehiupan masyarakat desa Dempel, Karangrayung, Grobogan.

Jadi yang Pertama Berkomentar