Penyuluhan Pemanfaatan Limbah Organik oleh Tim KKN Universitas Sebelas Maret Surakarta

Penyuluhan dalam arti umum  berarti ilmu sosial yang mempelajari sistem dan perubahan pada  individu serta masyarakat agar dapat terwujud perubahan yang lebih sesuai dengan apa yang diharapkan.

Secara umum yang disebut limbah adalah bahan sisa yang dihasilkan dari suatu kegiatan dan proses produksi, baik dalam skala rumah tangga, industry, pertanian dan peternakan.

Jerami Padi

Jerami adalah hasil samping usaha pertanian berupa tangkai dan batang tanaman serealia yang telah kering, setelah biji-bijiannya dipisahkan. Fungsi: bahan bakar, pakan ternak, alas kandang, pengemas bahan pertanian (misal telur), mulsa, dan kerajinan tangan. Jerami umumnya dikumpulkan dalam bentuk gulungan, diikat, maupun ditekan.

Ada beberapa cara dalam memanfaatkan limbah jerami padi yaitu salah satunya adalah dengan dijadikan pakan ternak fermentasi.

Jerami Jagung

Merupakan sisa dari tanaman jagung setelah buahnya dipanen dikurangi akar dan sebagian batang yang tersisa. Pemanfaatan jerami jagung adalah sebagai pakan ternak ruminansia seperti sapi dan kerbau (Jamarun, 1991).

Salah satu bagian dari jerami jagung adalah tongkol jagung (bungkil) Dari pengamatan, Desa Dempel sendiri terdapat banyak limbah tongkol jagung (bungkil) yang tidak dimanfaatkan yang akhirnya dibuang atau dibakar.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar