Penyuluhan Bahaya Merokok di SD Dempel 1 Oleh Tim KKN UNS

Bahaya merokok bagi kesehatan bukan rahasia umum. Akan tetapi, sekalipun semua orang tahu persis bahaya merokok, hal ini tidak membuat para perokok serta-merta berhenti merokok. Selain itu, tidak hanya perokok aktif yang mendapatan efek negatif rokok. Perokok pasif yang terkena asapnya saja bisa mendapatkan efek dari rokok yang membahayakan.

Di Inggris sendiri ada sekitar 100 ribu orang meninggal setiap tahunnya karena merokok. Kematian terebut berhubungan dengan bahaya merokok yang bisa menyebabkan penyakit kanker, penyakit paru, dan penyakit jantung.

Di Indonesia, persentase orang yang mengonsumsi rokok dinyatakan terbesar se-Asia Tenggara. Selain itu, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Southeast Asia Tobacco Control Alliance, beserta Komisi Pengendalian Tembakau, Indonesia menduduki urutan ketiga dengan jumlah perokok terbanyak di dunia setelah China dan India pada tahun 2012.

Rizki Fathurachman sebagai penanggung jawab kegiatan menyatakan bahwa untuk menanamkan perilaku hidup tanpa rokok diperlukan penyuluhan sejak dini kepada anak-anak terutama usia SD, kerena dengan diberi penyuluhan yang mendalam mengenai bahaya merokok dapat mengurungkan niat anak-anak untuk mencoba coba rokok.

Pnyuluhan bahaya merokok dilakukan di 2 SD, yakni SD Dempel 1 dan SD Dempel 2.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar